Tips Menyambut Lebaran

MENJELANG lebaran harga melonjak drastis padahal banyak kebutuhan yang harus Anda penuhi mulai dari membeli kebutuhan pokok, kue-kue, baju lebaran, parsel atau hantaran, THR pembantu, biaya mudik, oleh-oleh, hingga ”angpao” untuk keponakan-keponakan.

Tabungan dan bahkan THR Anda pun bisa amblas jika tidak memperhitungkan anggaran dengan seksama. Untuk mengantisipasinya, ikuti sejumlah tip hemat dari Media Perempuan berikut ini:

1. Prioritaskan anggaran untuk membeli kebutuhan pokok daripada untuk membeli berbagai kebutuhan lain yang tidak terlampau penting seperti pakaian baru, sepatu baru, aksesori atau perhiasan untuk sekadar menjaga gengsi. Lebih baik anggarkan dana untuk membeli beras, gula, telur, minyak, daging, ayam, dan bahan-bahan lain untuk membuat hidangan lebaran.

2. Buat daftar kebutuhan secara rinci, termasuk berapa banyak barang yang diperlukan. Jangan membeli barang dalam jumlah berlebih hanya karena tergoda dengan potongan harga atau diskon yang ditawarkan. Ingat, Anda masih memiliki berbagai kebutuhan lain yang harus dipenuhi!

3. Membuat sendiri hidangan khas lebaran seperti ketupat, sate, opor ayam, kue bolu, dan berbagai jenis kue kering, biasanya jauh lebih murah daripada membeli atau memesannya kepada orang lain. Jika kebetulan jago memasak kue dan memiliki waktu, Anda bisa mengubah bakat tersebut menjadi peluang mendapatkan tambahan penghasilan dengan menerima pesanan dari orang-orang.

4. Jika berbelanja pakaian atau sepatu baru untuk si kecil, pilih ukuran satu nomor lebih besar dari ukuran sebenarnya karena anak masih dalam masa pertumbuhan. Dengan demikian, pakaian atau sepatu tersebut bisa dipakai lebih lama dan tidak terlalu cepat kekecilan.

5. Apabila Anda sekeluarga berencana mudik saat lebaran, pastikan untuk memesan tiket transportasi jauh-jauh hari. Sebab, semakin dekat lebaran maka harga tiket akan semakin tinggi, dan berisiko tinggi kehabisan. Sesuaikan pilihan transportasi dengan dana yang tersimpan di kocek Anda.

6. Pertimbangkan juga mengendarai kendaraan pribadi untuk mudik lebaran, apalagi jika anggota keluarga yang ikut serta berjumlah lumayan banyak. Apabila Anda memutuskan mengendarai mobil sendiri, perhitungkan biaya ekstra yang harus Anda keluarkan selama di perjalanan, misalnya untuk bahan bakar, makan di restoran, membeli cemilan, atau menginap di hotel. Agar lebih hemat, bawa cukup bekal makanan dan tidur di dalam mobil di area peristirahatan, masjid, atau pom bensin.

7. Jika Anda berkonvoi dengan sanak keluarga lainnya selama perjalanan, biaya yang harus dikeluarkan pun tentu akan bertambah. Sebab salah satu pihak mau tidak mau harus membayari kebutuhan makan dan minum serta penginapan pihak lainnya. Oleh karena itu, sediakan dana tambahan untuk mengantisipasi kebutuhan selama perjalanan.

8. Dan jangan lupa untuk menyiapkan kue lebaran yang istimewa bagi keluarga anda.

Semoga Bermanfaat

Tips Menyambut Lebaran

Tags:

Leave a Reply